Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah berdirinya Ponpes Ali Ba'alawy Kencong Jember



بــــسم الله الرحمن الرحيم



Sejarah berdirinya Ponpes Ali Ba’alawy Kencong


Ponpes Ali Ba'alawy Kencong Jember

Ponpes Ali Baalawy adalah sebuah Pondok berbasis Salaf yang didirikan dan diasuh oleh KH Sholahuddin Munshif yang terletak di Daerah Kencong, Jember Jawa timur dan berdekatan dengan Ponpes Assuniyah Asuhan KH Sadid Jauhari atau lebih tepatnya di Jl. KH Jauhari Zawawi No 04 Kencong, Kabupaten Jember, Jawa timur.

Sebelum mendirikan pondok, Abah Sholah (panggilan akrabnya) tidak ada niatan membangun pondok, tapi sekitar tahun 2006 bulan Muharrom, pondok mulai dibangun tapi bukan niat untuk buat pondok, seperti kamar tapi dari bambu untuk anak anak yang buat tahu dan tempe, Jadi dulu Abah Sholah pernah membuka usaha jualan tahu dan tempe.

Suatu ketika ada santri dari madura yang bernama Alit (adik teman Abah Sholah semasa di Mekkah) yang punya keinginan mondok di Baalawy, lalu Abah Sholah menyuruhnya untuk mondok di Assuniyah, tapi si Alit tidak mau, kemudian ada sebagian santri Assuniyah yang pindah ke Baalawy sekitar 8 orang, sejak saat itu bertambahlah jumlah santri sampai sekarang kurang lebih 900 santri putra putri.

Abah Sholah pernah ingat nasihat Abuya Sayyid Muhammad semasa masih hidup “Ya/wahai Sholah, kamu menyendiri saja, dak usah ngajar disini atau dimana, berdiri sendiri saja, nanti saya bangunkan pesantren.”

KH Sholahuddin Munshif Kencong


Tapi setelah Abuya wafat, Abah Sholah merasa tidak punya harapan dan juga tidak kepikiran pesantrennya apa atau gimana, tapi mungkin perkataan Abuya itu menjadi بشارة (kabar gembira) atau isyaroh bahwa ‘akan berdiri Pesantren’. dan Alhamdulillah Abah Sholah tidak merasa kesulitan mengasuh Pondok sampai sekarang, mungkin itu adalah rahasia dari Nasihat Abuya “ nanti saya bangunkan pesantren”.
Tapi saat itu pondok ini belum memiliki nama karena memang tidak ada niatan untuk membangun pondok, lalu abah Sholah bingung pondok ini dinamai apa, kemudian abah Sholah ingat ruangan khusus Abuya bertuliskan

ما شاء الله لا قوة الا بالله

Lalu abah Sholah berpikir “ya sudah, untuk sementara  تفاءل dinamai ini.” tapi Abah sholah berpikir “masa nama pondok begini?”, akhirnya Abah Sholah sowan ke Habib Salim Asy Syatiri dari Yaman untuk minta nama, kemudian Habib Salim memberi nama آل باعلوي dan berkata “ Semoga dapat barokahnya para Alawiyin”.
Habib Salim Asy Syathiri
Habib Salim Asy Syathiri


Kegiatan di Ponpes Ali Baalawy

Ponpes Baalawy berbasis Salaf, jadi hanya ngaji dan Madrasah Diniyah klasikal (berkelas kelas) tidak ada lembaga formalnya, walaupun yang pengajarpun juga sama.

Satu jam sebelum Shubuh sudah mulai kegiatan Sholat Tahajjud bersama dan membaca Wirid wirid, setelah masuk waktu Shubuh, Sholat Shubuh berjamaah, wiridan bersama dan membaca wirdul latif, hizbun Nawawi dan Fatihah untuk para Masyayeikh, lalu dilanjutkan dengan pengajian, ada yang ngaji Qur’an, ada yang ngaji kitab Hadis dan Fiqih langsung dengan abah Sholah.

kemudian ketika waktu Dluha masuk, persiapan sholat Dluha 8 rakaat dan membaca Qosidah qosidah bergantian tiap harinya seperti Qosidah Burdah DLL.

Setelah sholat Dluha, waktunya sarapan dan mandi lalu sekolah ke Madrasah sampai jam 11, lalu persiapan Sholat Dzuhur berjamaah dan membaca Dalailul Khoirot dilanjutkan dengan pengajian kitab.

Lalu istirahat sampai Ashar, kemudian persiapan Sholat Ashar dan membaca Hizb Bahr, lalu ngaji lagi dibagi sesuai kelas masing masing, setelah itu istirahat lagi, dan bagi yang Senior boleh ikut ngaji Ihya’ dengan abah Sholah sampai menjelang Maghrib.

Saat masuk waktu Maghrib, persiapan sholat Maghrib berjamaah dan membaca Ratibul Haddad, lalu dilanjutkan mengaji kitab Hasyiah Baijuri sampai menjelang Isya’.
Ketika Isya’ masuk, jamaah lagi dan membaca Ratibul Attas, kemudian istirahat sebentar, lalu dilanjutkan dengan jam belajar sampai jam 11 malam dan harus tidur, kecuali bagi yang ingin Muthola’ah atau hafalan. karena jam 3 pagi sudah harus bangun.

Di Ponpes Baalawy ini juga ada namanya Muhadloroh sistemnya sama dengan Madrasah yaitu Klasikal (perkelas kelas)

Itulah sekelumit atau sekilas asal usul ponpes Ali Baalawy

B


Beberapa foto abah Sholah yang saya dapat











Akun Facebook resmi pondok silahkan klik di sini 

Akun Instagram resmi pondok silahkan klik di sini

Post a Comment for "Sejarah berdirinya Ponpes Ali Ba'alawy Kencong Jember"